Loading...

Bantu UMKM Go Digital, Askrindo Syariah Gelar Literasi di Medan

27 September 2022
Bantu UMKM Go Digital, Askrindo Syariah Gelar Literasi di Medan

Medan - PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah atau Askrindo Syariah terus mendukung pemerintah dalam meningkatkan Inklusi Keuangan Syariah khususnya dalam bidang penjaminan. Kali ini, Askrindo Syariah menggelar literasi dengan mengangkat tema Inklusi Penjaminan Syariah pada sektor UMKM di Era Digital.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Direktur Utama Askrindo Syariah, Subagio Istiarno, Komisaris Utama Askrindo Syariah Siti Ma'rifah, Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Perwakilan dari OJK Kota Medan, Direktur Pembiayaan Syariah LPDB KUMKM, Ari Permana serta BSI Region 2 Medan. Peserta kegiatan tersebut terdiri dari lembaga keuangan bank dan non-bank syariah, serta Koperasi Syariah yang ada di Kota Medan.

Plt Direktur Utama Askrindo Syariah, Subagio Istiarno menjelaskan, Askrindo Syariah secara aktif menggelar literasi khususnya di bidang penjaminan syariah yang mana kegiatan ini sebelumnya sudah pernah dilakukan di beberapa kota yaitu Aceh, Pekanbaru dan Mataram. Literasi ini diharapkan dapat membantu serta mendorong para UMKM agar naik kelas serta menyongsong digitalisasi bisnis.

"Di era 4.0 saat ini kami mengharapkan serta membantu para UMKM agar mampu beradaptasi dengan kondisi pasar dimana lebih dari 50% itu menggunakan teknologi agar para UMKM lebih siap lagi dalam menghadapinya," jelasnya melalui siaran persnya di Medan.

Dirinya memaparkan, dengan adanya digitalisasi para UMKM akan menghemat biaya promosi karena bisa melalui media sosial serta platform e-commerce, lalu jangkauan pasar akan lebih luas lagi bahkan hingga ke luar negeri.

"Dengan penguatan digitalisasi ini maka UMKM akan memudahkan konsumen secara real time dalam menerima pesanan serta membantu mempertahankan pendapatan serta meningkatkan produktifitas agar usaha terus berjalan. Dengan digitalisasi ini pula diharapkan pasar mereka akan lebih dikenal dan dapat bersaing lebih luas lagi," jelasnya.

Komisaris Utama Askrindo Syariah, Siti Ma'rifah menjelaskan, penguatan ekonomi dan keuangan syariah merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif serta pembiayaan ekonomi yang harmonis dengan lingkungan ekonomi syariah dan digitalisasi.

Dirinya melanjutkan, Askrindo Syariah mendukung program pemerintah dalam hal pengembangan ekosistem syariah khususnya di sektor UMKM melalui penjaminan pembiayaan, Askrindo Syariah juga ingin memastikan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan bangkit pasca pandemi covid 19 sehingga dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

"Kami berharap dapat selalu membantu industri UMKM agar terus berkembang, berdaya saing sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Walikota Medan Bobby Nasution dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah kota Medan mendukung literasi penjaminan syariah yang di gelar oleh Askrindo Syariah. Menurutnya kegiatan ini menjadikan momentum bagi para UMKM dan dirinya berkeyakinan bahwa dengan adanya kolaborasi dari seluruh stakeholder maka UMKM akan bisa maju serta berdaya saing.

"Kota Medan memiliki potensi ekonomi kerakyatan yang cukup besar, potensi itu secara rill ada dan bersentuhan dengan aktivitas ekonomi kerakyatan, termasuk potensi UMKM. Selain itu, membuat UMKM naik kelas juga merupakan salah satu dari lima program prioritas pemerintah Kota Medan," ujarnya.

Dirinya melanjutkan, pemerintah Kota Medan berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan baik dari tahap produksi, packaging, distribusi sampai tahap pemasaran bahkan memfasilitasi akses pada permodalan. "Kami melakukan pembinaan pada UMKM baik melalui digitalisasi dan kerjasama juga dalam pemasaran produk UMKM secara online maupun offline." ujarnya.

(sumber: berita ini telah dimuat dibeberapa media online nasional)

Share this article

Berita Terkait

24 Oktober 2022
Internal
Askrindo Syariah Melaksanakan Kegiatan Mancing Bareng
(Jakarta) PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah yang didirikan pada 29 November 2022 telah hamper genap berusia 10 tahun pada 2022 ini. Askrindo Syariah merupakan perusahaan penjaminan berbasis ...
19 Agustus 2022
Internal
Askrindo Syariah Melaksanakan Rakor Penjaminan KUR
(Jakarta) Peningkatan ekonomi rakyat khususnya ekonomi kecil dan menengah menjadi tonggak peningkatan produktivitas bangsa. Peran pembangunan ekonomi masyarakat sebagai pilar perekonomian bangsa ...
25 Juli 2022
Internal
Askrindo Syariah Melaksanakan Rapat Kerja Nasional Semester I Tahun 2022
(Jakarta) Salah satu yang menjadi tolok ukur keberhasilan suatu perusahaan adalah koordinasi antara seluruh SDM mulai dari cabang hingga kantor pusat. Koordinasi ini dimaksudjan untuk mendapatkan ...
18 Juli 2022
Internal
Askrindo Syariah Melaksanakan Marketing Day
(Jakarta) Peningkatan performance perusahaan membutuhkan kesiapan dan strategi matang dari setiap SDMnya.  Salah satu strategi adalah menyiapkan seluruh SDM lebih profesional. Profesionalisme ...