Surabaya - Jajaran Direksi dan Komisaris PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah atau Askrindo Syariah melakukan kunjungan kerjanya ke Halal Industrial Park Sidoarjo (HIPS), di Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya, Komisaris Utama Askrindo Syariah, Dr. Hj. Siti Ma’rifah, Komisaris, Bambang Hermanto, Direktur Utama, Soegiharto, Direktur Keuangan, Subagio Istiarno dan Direktur Pemasaran, Supardi Najamuddin disambut oleh Direktur Utama PT Makmur Berkah Amanda, Tbk. (AMAN), Adi Saputra Tedja Surya.

Komisaris Utama Askrindo Syariah, Dr Hj Siti Ma’rifah mengatakan, menyambut baik hadirnya HIPS, dan siap mendukung perkembangan industri halal di Indonesia.

"Pembangunan Kawasan Industri Halal Sidoarjo ini sebagai salah satu upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia dan diharapkan dengan keberadaan Halal Industri Park Sidoarjo ini seluruh layanan yang berhubungan dengan kehalalan produk berada dalam satu atap atau one stop service, dan keberadaannya pun dapat disambut baik oleh masyarakat serta dapat mendukung UMKM dimana hal tersebut sejalan dengan misi Askrindo Syariah," ujarnya melalui siaran persnya di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Dirinya melanjutkan, pengembangan kawasan tersebut merupakan bagian dari salah satu program yang dikembangkan pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), sehingga Askrindo syariah mendukung program pemerintah dalam hal  pengembangan ekosistem syariah khususnya di sektor UMKM melalui penjaminan pembiayaan, Askrindo Syariah juga ingin memastikan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan bangkit sehingga dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

"Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia sangat berpeluang mengambil kesempatan untuk mengembangkan industri halal. Dengan meningkatkannya industri halal maka akan banyak UMKM yang terbantu dan bisa berkembang kedepannya," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Makmur Berkah Amanda, Tbk., Adi Saputra Tedja Surya mengatakan HIPS merupakan kawasan industri halal pertama di Indonesia yang dibangun di atas lahan seluas 148 ha, serta sudah menerapkan suistainable halal eco system.

“Dengan dukungan sistem, kami menyediakan halal economy office, halal labolatorium, halal logistic, dan lain-lain. Total tenan yang ada saat ini ada 400 tenan, diantaranya Bel Bel, Sariraya, PT Ekosjaya Abadi Lestari, dan yang lainnya,” jelasnya.

(Sumber : Artikel ini telah dimuat dibeberapa media online nasional )